Senin, 12 Februari 2024

6 Tips Mudah Memancing untuk Pemula agar Langsung Mendapat Ikan

birdparadisefishingSedang viral-viralnya tren memancing di Tiktok mungkin membuatmu tertarik untuk ikut mencobanya bukan?

Memancing menjadi kegiatan yang asyik dilakukan dikala senggang. Entah bersama teman-teman atau pun sendiri. Bagi sejumlah orang, memancing adalah bentuk dari refreshing setelah melakukan pekerjaan-pekerjaan yang memusingkan. 

Walaupun terkesan sederhana, yakni hanya membutuhkan alat pancing dan umpan saja, tetapi memancing dengan cara yang salah justru bisa membuatmu tambah stres. Dengan demikian, langkah pertama yang penting dilakukan sebelum memulai hobi memancing yakni dengan mengetahui tips-tips simplenya.

Berikut telah merangkum 6 tips memancing untuk pemula yang dilansir dari Discover Boating. Yuk kita simak bersama!



1. Perhatikan Umpan

Langkah pertama yang harus diperhatikan oleh pemula adalah menentukan umpan yang tepat. Umpan beragam jenisnya dan memiliki efektivitas masing-masing tergantung dengan jenis ikan maupun warna air.

Apabila memilih umpan serangga seperti jangkrik dan cacing tanah, maka umpan tersebut akan efektif digunakan pada perairan yang banyak dihuni oleh lele atau ikan gabus.

Apabila kamu memilih menggunakan pelet, maka jenis ikan nila, mujaer dan gurame akan sangat tertarik untuk melahapnya. Selain menggunakan umpan-umpan tersebut, kamu juga dapat menggunakan umpan buatan yang dimodifikasi menyerupai ikan-ikan kecil. 

2.  Perhatikan Ukuran dan Bentuk Umpan

Bagi pemancing pemula, tips yang satu ini juga tidak boleh terlewatkan. Pastikan umpanmu tidak terlalu kecil agar ikan-ikan tersebut dapat melihatnya.

Namun, juga jangan memilih ukuran umpan yang terlalu besar. Ketika melihat umpan terlalu besar, ikan secara otomatis tidak akan tertarik dan mengabaikannya.

3. Carilah Alat Pancing yang Sesuai

Dalam memancing, komponen yang satu ini tentu tidak boleh dianggap sepele. Alat pancing memiliki banyak sekali jenis dan kegunaan di perairan yang berbeda-beda.

Pertama, joran pancing dibedakan menjadi beragam jenis, misalnya joran spinning yang biasa digunakan untuk memancing ikan bass, trout, dan ikan air tawar lainnya. Joran trolling yang umum digunakan memancing ikan-ikan berukuran besar, ikan tuna dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Memancing Ikan Mas ( wader ) Untuk Pemula

birdparadisefishing |  Memancing ikan mas bagi sebagian orang menjadi daya tarik sendiri, orang bilang susah susah gampang. Meski diatas su...